Inggris Resmi Menarik Pasukan dari Bashrah



Inggris mulai menarik pasukan dari Iraq sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman (MOU) keamanan yang ditanda tangani dengan pihak pemerintahan Iraq, seiring dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh pejabat berwenang Inggris bidang militer dan politik seputar hasil yang telah dirasakan dari keterlibatan Inggris dalam perang Iraq semenjak 6 tahun yang lalu.

Secara resmi komandan pasukan Inggris di Bashrah Andi Salmon telah menyerahkan urusan Iraq kepada rekannya komandan pasukan Amerika Michael dalam sebuah acara yang diadakan hari Selasa kemarin sekaligus pamitan penarikan pasukan Inggris dari Iraq yang jumlahnya mencapai 4100 tentara.

Penarikan pasukan Inggris ini merupakan tindak lanjut dari hasil penandatanganan nota kesepahaman bidang keamanan antara Inggris dan Iraq yang telah ditanda tangani setahun lalu yang isinya menuntut agar United Kingdom segera menarik seluruh pasukannya meninggalkan Iraq hingga batas waktu paling lambat tanggal 31 Mei tahun ini -kecuali 400 orang yang masih diberikan kesempatan menetap di Iraq hingga akhir Juli mendatang.

Total Biaya Perang

Setelah melewati masa perang selama lebih kurang 6 tahun, Inggris menderita kerugian berupa tewasnya 169 orang tentara dan pembengkakan biaya perang hingga mencapai 8,5 milyar Poundsterling atau setara dengan 16 milyar dolar.

Hadir dalam acara penyerahan kekuasaan secara simbolik kepada Amerika tersebut Kepala Staf Angkatan Udara Inggris yang dalam sambutannya mengucapkan rasa hormatnya pada para pasukan Inggris yang telah memberikan pengorbanan mereka di medan pertempuran.


Simplex Magazine2

Aliquam erat volutpat. Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.